Kaki Anak

Podopediatrik adalah evaluasi dan konservatif pengelolaan kondisi bawaan, perkembangan dan kondisi traumatik yang mempengaruhi kaki dan tungkai bawah dari bayi yang baru lahir sampai remaja

Anak saya memiliki kaki rata – Yang harus saya lakukan?

Anak yang masi muda memiliki kecenderungan memiliki lemak di lekukan kaki sehingga memberi kesan seperti kaki rata.

Hal ini biasany tidak diindikasikan mengganggu awal dari sekitar 6 atau 7 tahun setelah kaki mereka menyerupaiorang dewasa kecuali anak itu menunjukkan cacat ortopedi atau bawaan signifikan.

Diagnosa dari seorang ahli akan menghilangkan rasa cemas. Jika di perlukan perawatan baik oleh podiatris bermulai dari waktu kecil akan banyak mengurangi masalah mekanikal dan ortopedi yang terlihat pada saat dewasa.  

  Jika anak anda mempunyai kaki rata  - Ambil tindakan lebih awal dengan intervensi podiatrik yang dapat membuat perubahan yang permanent

 

Jika anak anda mempunyai kaki rata  - Ambil tindakan lebih awal dengan intervensi podiatrik yang dapat membuat perubahan yang permanent

Penyimpangan dari Normal

Kondisi neurologikal tertentu menyebabkan Gaya berjalan spatic dan kondisi ortopedik seperti cacah bawaan, osteochondroses, patah tulang, kelainan bentuk torsi dan posisi.

Manifestasi kaki X dan O adalah umum di Indonesia sebagai kaki rata.

Sebagai tambahan, banyak anak yang berjalan dengan kaki kedalam atau keluar. Walaupun mereka tidak mengeluh kesakitan, mereka merusak kaki mereka. Jika terindikasi ini, orthotik dapat di buat dengan plate gait untuk membantu pergerakan in-toe atau out-toe.

Kelainan yang umum lainnya adalah jalan jinjit. Kondisi dengan mudah di obati walaupun dengan anak yang sudah agak besar yaitu dengan 1 atau 2 kali kasting di bawah lutut dengan kaki di dorsoflesi selama 2 minggu kemudian di lanjutkan dengan terapi orthotik.

Kelainan-kelainan lain yang dapat Didiagnosa dan Dirawat oleh Podiatrist

Beragam osteochondroses yang mempengaruhi pusat-pusat pengerasan tulang seperti:

  • Osgood–Schlatter Disease –terjadi pada anak yang aktif di usia 10–15 tahun, lebih banyak terdapat pada anak laki laki daripada anak perempuan, dapat ditandai dengan rasa nyeri setempat, pembengkakan dan rasa tidak nyaman pada bagian lutut sampai tulang kering.
  • Sever’s Disease –biasanya terjadi pada usia 8–15 tahun, ditandai dengan nyeri ketika diraba pada bagian belakang tumit.
  • Kohler’s Disease –biasanya terdapat pada usia 3–9 tahun, lebih lazim terdapat pada anak laki laki dari pada anak perempuan, ditandai dengan rasa nyeri yang tidak jelas dan rasa tidak nyaman pada bagian navicular (midfoot) dan biasanya terjadi hanya pada sebelah kaki
  • Freiberg’s Disease –dapat berpengaruh pada bagian kepala ruas jari kaki, namun jari ke dua lebih sering dirasakan nyeri (70%) biasanya pada bagian punggung kaki, terjadi pada usia 11–17 tahun, lebih banyak terjadi pada anak perempuan daripada anak laki laki
  • Diaz or Mouchet’s Disease –osteochondrosis pada bagian talus jarang terjadi; kemungkinan diiringi dengan trauma akut dimana terjadi penekanan pada tonjolan tulang talus; tulang sering kali berubah bentuk menjadi normal
  • Buschke’s Disease –osteochondrosis pada tulang cuneiformis. Sangat jarang terjadi
  • Osteochondroses of Os Navicular –telah digambarkan dapat mempengaruhi persendian; perlu dibedakan dari keadaan patologis yang lain pada tulang navicular/accessory navicular
  • Iselins Disease –osteochondrosis yang terjadi pada tulang ke 5 di bagian basis metatarsal pada tambahan peroneus brevis; perlu dibedakan dari kasus patah tulang karena tekanan, tulang vesaleanum atau patah; bertambahnya rasa nyerri yang terdapat pada bagian peroneus brevis
  • Treves’ or Ilfeld’s Disease –osteochondrosis yang terjadi pada tulang sesamoids. Rasa tidak nyaman dan nyeri ketika diraba; terutama pada saat telapak kaki ditekuk kearah tubuh
  • Thiemann’s Disease –osteochondrosis pada jari kaki

Sebagian besar dari kondisi ini dapat diperbaiki atau disempurnakan dengan mempergunakan alat insole mekanik konserfatif (orthotics) untuk meluruskan kembali kaki kepada posisi dan fungsi yang terbaik

Apakah anak saya berjalan dengan benar?

Perkembangan normal ditandai dengan tonggak berikut :

Sekitar 10 cm panjang saat lahir, kaki bayi anda akan berukuran dua kali panjang dalam waktu 12 bulan.

Pada saat 6 bulan kaki masi merupakan tulang rawanstill. Mengeras penuh tidak terjadi sampai umur 18-25 tahun!.

Kebanyakan bayi akan mulai merangkak sekitar umur 10 bulan dan pada 12 bulan mereka mulai berdiri dan berjalan memakai bantuan. 

Biarkan mereka secara alami membuat kemajuan sendiri daripada memaksakan mereka untuk jalan terlalu dini- kaki kecil mereka harus memiliki kekuatan untuk menopang berat badan mereka..

Pada pertama mereka memiliki pinggul gepeng dan pergerakan lutut.

Dengan 15 bulan bayi Anda akan berjalan tanpa bantuan dengan kaki datar dan penuh pemogokan kaki

Waktu 2 tahun mereka akan berjalan dengan lebih fleksibilitas di lutut dan pergelangan kaki dengan periode ketika kedua kaki berada di atas tanah , negosiasi langkah satu per satu , melompat dari langkah rendah dan menendang bola ke depan . Mereka masih akan tampak datar kaki .

Umur 2 ½ tahun mereka bisa melompat dari langkah dengan pendaratan 1 kaki .

Umur 3 tahun mereka akan memiliki gaya berjalan yang mendekati dewasa normal - dimana tumit ikut berperan, melompat dari melangkah dengan pendaratan 2 kaki dan memakai sepatu sendiri. Mereka juga akan dapat melakukan beberapa trik khusus berjalan pada ujung jari kaki mereka serta pada tumit mereka.

Umur 4 tahun mereka akan dapat memanjat, berjalan turun ke bawah dengan kaki bergantian, lompat dengan 1 kaki selama sekitar 5-8 kali berturut-turut, berjalan pada jari kaki mereka dan menendang bola di udara.

Umur 5 tahun anak Anda akan melompat-lompat dan mampu menempatkan 1 kaki langsung di depan ujung kaki berlawanan berjalan maju sepanjang garis lurus dan umumnya lebih berirama dan efisien dengan bantuan gerakan ekstremitas atas. Berjalan dengan tahap ini akan ditandai oleh tubuh condong ke depan, lengan berayun dalam garis lurus dengan siku tertekuk. Mereka akan sekarang telah mempelajari semua keterampilan kiprah dewasa.

Penyimpangan Lainnya

Kondisi Neorologi tertentu dapat mengakibatkan gaya berjalan menjadi terlihat tegang misalnya dan keadaan ortopedi seperti kelainan yang dibawa sejak lahir, osteochondroses, patahan, torsional,dan posisi yang tidak normal.

Manifestasi dari kaki X dan O biasa terdapat di Indoneia sama seperti telapak kaki yang rata.

Sebagai tambahan, banyak anak yang berjalan dengan kecenderungan telapak kaki mengarah ke dalam atau keluar. Walaupun demikian hal ini dapat berbahaya bagi kaki mereka. Jika terbukti demikian, orhtotic dapat di buat dengan sebuah gait plate untuk membantu memperbaiki arah kaki kedalam atau keluar.

Kondisi serius lainnya adalah talipes adductoequinovarus – club foot – yang diperbaiki dengan serial casting dan bracing. Metode ini secara nyata memiliki hasil keunggulan jangka panjang dibanding dengan intervensi pembedahan.

Sakit Pertumbuhan

Anak Anda bangun menangis di malam hari mengeluh bahwa kakinya berdenyut. Anda menggosok mereka dan menghiburnya sebanyak yang Anda bisa, tapi ia terus merengek.

Kedengarannya lazim? Anak Anda mungkin mengalami sakit

Tahukah Anda bahwa sampai 25-40% dari Pengalaman Sakit Tumbuh Anak ?

Sakit pertumbuhan umumnya menyerang selama dua periode: pada anak usia dini antara 3 - 5-tahun dan, kemudian, di usia 8- sampai 12-tahun.

Apa Penyebabnya?

Tidak ada bukti kuat menunjukkan bahwa pertumbuhan menyebabkan nyeri tulang. Penyebab paling mungkin adalah nyeri dan ketidaknyamanan akibat melompat, memanjat, dan berlari bahwa anak-anak aktif melakukan pada siang hari sedangkan nyeri sering terjadi setelah seorang anak telah melewati hari yang atletis.

Tanda dan Gejala

Kebanyakan anak melaporkan nyeri di bagian depan paha mereka, di betis, atau di belakang lutut. Meskipun sakit tumbuh sering menyerang di sore hari atau sore hari sebelum tidur, sakit kadang-kadang bisa membangunkan tidur sang anak. Intensitas nyeri bervariasi dari anak ke anak, dan sebagian besar tidak mengalami nyeri setiap hari.

Sakit Pertumbuhan selalu berkonsentrasi dalam otot, sendi tampak normal sedangkan pada anak yang menderita penyakit yang lebih serius, sendi tampak bengkak, merah, lembut, atau hangat.

Mendiagnosis Sakit Pertumbuhan

Salah satu dokter menemukan gejala yang paling membantu dalam membuat diagnosis sakit tumbuh adalah bagaimana anak merespon sentuhan sementara kesakitan. Anak-anak yang mengalami sakit dari penyakit medis yang serius tidak suka ditangani karena gerakan cenderung untuk meningkatkan rasa sakit. Tetapi mereka dengan sakit pertumbuhan merespon secara berbeda - mereka merasa lebih baik ketika mereka ditahan, dipijat, dan dipeluk.

Sakit Pertumbuhan adalah apa yang oleh dokter disebut diagnosis eksklusi. Ini berarti bahwa kondisi-kondisi lainnya harus disingkirkan sebelum diagnosis sakit pertumbuhan dibuat. Sejarah menyeluruh dan pemeriksaan fisik oleh podiatrist atau dokter Anda biasanya dapat mencapai hal ini. Dalam kasus yang jarang, penelitian darah dan X-ray mungkin diperlukan sebelum dibuat diagnosis akhir sakit pertumbuhan.

Membantu Anak Anda

Beberapa hal yang dapat membantu mengurangi rasa sakit meliputi:

  • memijat area sakit
  • peregangan
  • menempatkan bantal pemanas di daerah sakit
  • memberikan ibuprofen atau acetaminophen (Jangan pernah memberikan aspirin pada anak di bawah 12 karena berasosiasi dengan Reye Syndrome, sebuah penyakit langka tapi berpotensi fatal)
  • Penelitian menunjukkan bahwa dalam 90% kasus, pengobatan dengan orthotik kaki mengurangi mayoritas sakit pertumbuhan

Pertumbuhan spurts

Ini adalah pelat pertumbuhan, yang merupakan bagian tipis tulang, yang benar-benar melakukan pertumbuhan. Seraya anak Anda terus tumbuh, piring pertumbuhan mereka mengkuat dan menjadi tulang biasa.

Tidak ada anak yang tumbuh pada tingkat yang sangat stabil sepanjang periode masa kecil, namun. Minggu atau bulan pertumbuhan sedikit lebih lambat bergantian dengan mini "spurts pertumbuhan" pada anak normal. Anak-anak cenderung tumbuh sedikit lebih cepat di musim semi dari pada waktu lain tahun.

0 - 1

Tahun pertama kehidupan bayi adalah masa perubahan yang menakjubkan. Selama waktu ini, bayi akan tumbuh rata-rata dengan cepat. Rata-rat, bayi tumbuh 25cm panjang sementara tiga kali lipat bobot kelahiran mereka pada ulang tahun pertama mereka.

Setelah usia 1, pertumbuhan panjang bayi melambat, dan pada usia 2 tahun, pertumbuhan tinggi biasanya berlanjut pada tingkat yang cukup stabil sekitar 6cm per tahun sampai remaja

2 - 3

Selama tahun ketiga kehidupan, kebanyakan balita mencapai 1.8kg dan tumbuh sekitar 5 - 8cm per tahun.

Mereka sangat aktif dan bergerak, dan belajar dengan cara yang sangat fisik. Mereka tidur kurang dari yang mereka lakukan di tahun sebelumnya, berjalan berkeliling dan menjelajahi dunia mereka, dan mendapatkan keterampilan baru, seperti naik sepeda roda tiga..

Nafsu makan balita Anda mungkin sangat berfluktuasi sekarang, yang adalah umum. Anak-anak yang aktif, bahagia, dan bergerak dan makan berbagai makanan sehat mungkin mendapatkan nutrisi yang mereka butuhkan dan tumbuh normal

4 - 5

Anak-anak pada usia ini masih sangat fisik, tapi mereka belajar dengan cara yang lebih terfokus dan kurang sibuk dibanding ketika mereka masih muda. Anak-anak ini biasanya bertambah sekitar 1.8kg dan tumbuh sekitar 5 - 8cm per tahun. Mereka masih bertumbuh dan menyempurnakan keterampilan motorik kasar mereka, menggunakan tangan dan kaki untuk berkeliling dan untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan, serta keterampilan motorik halus mereka, menggunakan jari-jari, tangan, dan pergelangan tangan untuk gerakan kecil, seperti mengambil benda. Pada usia 4, anak-anak dapat biasanya berjingkat dan akhirnya melangkah ke skipping.

Bermain menjadi semakin imajinatif dan merupakan bagian penting dari pertumbuhan anak-anak dan perkembangan sekarang. Jadi sangat penting untuk memastikan bahwa mereka memiliki waktu untuk bermain kreatif - apakah itu berarti gambar gambar, berjalan sekitar di halaman belakang, atau bermain rumah rumahan.

6 - 12

Seraya anak-anak tumbuh dari kelas-sekolah dasar untuk praremaja, terus ada berbagai cakupan "normal" mengenai, berat badan, dan bentuk.

Anak-anak cenderung menjadilebih tinggi dengan kecepatan yang cukup stabil, tumbuh sekitar 6 - 6,5 cm setiap tahun. Mengenai berat badan, walaupun, mereka sering mulai bertambah berat badan lebih cepat sekitar 8 sampai 9 tahun.

Ini juga merupakan waktu ketika anak mulai mempunyai perasaan tentang bagaimana mereka melihat dan bagaimana they''re berkembang. Sudah umum bagi perempuan khususnya khawatir tentang kelebihan berat badan atau "terlalu besar," sementara anak laki-laki cenderung sensitif tentang menjadi terlalu pendek.

Cobalah untuk membantu anak Anda memahami bahwa hal yang penting adalah untuk tidak "melihat" dengan cara tertentu, melainkan menjadi sehat. Anak Anda tidak dapat mengubah gen yang akan menentukan bagaimana mereka akan tinggi, tapi dia bisa membuat sebagian besar dari apa pun tinggi yaitu dengan mengembangkan kebiasaan makan yang sehat dan menjadi aktif secara fisik.

Masa pubertas

Sebuah lonjakan pertumbuhan besar terjadi pada saat pubertas.

Anak-anak biasanya memasuki pubertas antara usia 8 sampai 13 tahun pada anak perempuan dan 10 sampai 16 tahun pada anak laki-laki. Gadis tumbuh rata-rata lebih cepat antara 12 dan 13. Setelah gadis mulai menstruasi, mereka biasanya tumbuh sekitar 2,5 - 5cm.

Pada pertumbuhan tercepat mereka, anak perempuan bisa tumbuh lebih tinggi sebanyak 8cm tahun dan anak laki-laki pada tingkat 9cm setahun. Anak laki-laki rata-rata tumbuh tercepat antara 13 dan 15. Pubertas berlangsung sekitar 2 sampai 5 tahun. Pertumbuhan ini dipicu pada kedua anak laki-laki dan perempuan dengan meningkatnya kadar hormon seks testosteron. Zat ini juga memicu organ seksual untuk berkembang. Hal ini menyumbang pada percepatan pertumbuhan sekitar 20% dari tinggi orang dewasa kita. Selama waktu ini sebanyak 10 - 30cm tinggi akan dicapai.

Pada gadis-gadis saat mencapai usia 16-18 dan anak laki-laki mencapai usia 16-20, pertumbuhan yang terkait dengan pubertas akan telah berakhir dan mereka akan telah mencapai kematangan fisik meskipun dalam anak laki-laki terutama otot-otot mereka dapat terus berkembang.

Tebak mana tulang dapat mulai tumbuh pertama? Kaki! Jadi perlu sepatu baru adalah tanda pertama. Sebuah perkembangan usia remaja dapat diukur dengan melihat kematangan tulang di tangan dan pergelangan tangan. Selanjutnya, lengan dan kaki tumbuh lebih panjang. Tulang kering memperpanjang sebelum paha, dan lengan bawah sebelum lengan atas. Akhirnya tulang belakang tumbuh. Ekspansi terakhir adalah memperluas dada dan bahu anak laki-laki, dan pelebaran pinggul dan panggul pada anak perempuan.